Text
ICT compentencies profile of an English teacher : a case study in senior high school
ABSTRAK
Nhabella Adintya Putri. 2019. Information, Communication and Technology
Competencies Profile of An English Teacher (A Case Study in Senior High School).
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan
Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
Saat ini, guru disyaratkan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk pelaksanaan pembelajaran maupun untuk pengembangan
profesionalisme.(UNESCO ICT-CFT (2011), EPG (2013), Department of
Education and Training, Western Australia (2006), Department of Science and
Technology – National Research Council of the Philippines, dan Permendikbud
(2007)). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menggambarkan
kompetensi TIK ideal bagi para pendidik dan kompetensi TIK aktual seorang guru
Bahasa Inggris di sekolah menengah atas. Metode kualitatif deskriptif dengan
analisis isi terhadap berbagai dokumen yang digunakan sebagai acuan umum
kompetensi TIK para pendidik dilakukan untuk memaparkan kompetensi ideal TIK
guru. Sedangkan analisis isi atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, wawancara
dan observasi diguanakan untuk menggali kompetensi TIK yang dimiliki oleh kasus
yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi ideal TIK guru
bahasa Inggris didasarkan pada dua kategori, yaitu memeliki pengetahuan terkait
perangkat dan aplikasi TIK dan memiliki keterampilan dalam memanfaatkan TIK
untuk melaksanakan tugas sebagai profesi guru. (2) Kompetensi TIK aktual dari
seorang guru Bahasa Inggris kelas sepuluh di SMA Negeri 12 Kota Tangerang
Selatan, yaitu memiliki pengetahuan terkait fungsi alat dan aplikasi TIK yaitu
computer, laptop, notebook, search engines, Email, You Tube, Instagram, Blog,
Video Chatting, Moodle, Wiki, speaker, digital camera, HDMI cable, dan printer;
memiliki keterampilan dalam memanfaatkan berbagai sumber situs (Google dan
British Council) untuk mengembangkan rencana pembelajaran dan bahan
pengajaran bahasa Inggris, menggunakan berbagai sumber daya TIK (Laptop,
Projector, HDMI cable, Microsoft Office, dan Speaker) dalam pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar dan menerapkan teknologi (Gmail dan Youtube, dan
Edmodo) dalam penilaian siswa.
Kata kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Guru Bahasa Inggris, Kompetensi TIK Guru,
Pengetahuan terhadap TIK, Keterampilan dalam menggunakan TIK, Sekolah Menengah Atas
SS00021663 | SK 21663 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain