Text
Designing film appreciation assessment in google classroom platform
ABSTRAK
Siti Nurazizah. Merancang Penilaian Apresiasi Film di Platform Google Classroom. Jakarta. Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang penilaian apresiasi film di platform Google Classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dan survei. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai Desain Berbasis Penelitian (DBR) karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang penilaian apresiasi film untuk proses pengajaran. Ada 6 langkah dalam bentuk siklus mikro. Diantaranya adalah analisis dan eksplorasi (siklus mikro 1), merancang dan membangun (siklus mikro 2), evaluasi dan refleksi (siklus mikro 3). Karena penelitian berbasis desain adalah proses berulang, tiga siklus inti terus diulang dalam siklus mikro 4, 5 dan 6. Subjek penelitian adalah 40 siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta. Data penelitian ini adalah indikator apresiasi film dari berbagai buku, jurnal, silabus, dan hasil analisis kebutuhan subjek. Produk dari penelitian ini adalah desain penilaian apresiasi film di Google Classroom Platform. Berdasarkan penilaian dan tanggapan dari evaluator dan siswa, dapat disimpulkan bahwa desain layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pernyataan tersebut didukung oleh kuesioner yang diberikan setelah implementasi. Data menunjukkan bahwa desain berhasil membuat siswa memahami elemen-elemen film, menghubungkan pesan film dan mengevaluasi film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desainnya baik dan layak untuk digunakan sebagai penilaian untuk mengapresiasi apresiasi sastra khususnya film.
Kata kunci: Apresiasi Film, Penilaian, Desain, Google Classroom, Apresiasi Sastra
SS00021659 | SK 21659 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain