Text
Tata bahasa dalam buku ajar "voila le Francais 1"
ABSTRAK
ALVIANA R. SURYANTO. 2019. Tata Bahasa pada Buku Voilà le Français 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemaparan tata bahasa pada buku ajar Voilà le Français 1 yaitu dengan menentukan pendekatan tata bahasa yang digunakan penulis buku dalam memaparkan tata bahasa pada tiap materi pelajaran yang terdapat dalam buku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti adalah Buku Ajar Voilà le Français 1 pada bagian Coin de grammaire. Penelitian ini memfokuskan pada pemaparan tata bahasa yang disajikan dalam buku Voilà le Français 1.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan tata bahasa yang digunakan dalam buku Voilà le Français 1 adalah pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Dari 18 materi tata bahasa yang dipaparkan terdapat 16 materi tata bahasa yang menggunakan pendekatan deduktif dan 2 materi yang dijelaskan menggunakan pendekatan induktif. Dari hasil tersebut menandakan bahwa pendekatan tata bahasa yang paling banyak digunakan dalam buku Voilà le Français 1 adalah pendekatan deduktif. Meskipun demikian terdapat 7 materi tata bahasa yang menggunakan kedua teori tersebut bersamaan. Hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan informasi tambahan kepada pembaca untuk menggunakan pendekatan tata bahasa yang tepat ketika mengajarkan tata bahasa pada siswa Sekolah Menengah Atas.
Kata kunci : buku ajar, deduktif, induktif, tata bahasa
SS00021752 | SK 21752 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain