Text
Penggunaan media permainan teka-teki silang untuk meningkatkan pemahaman kosakata dalam pembelajaran bahasa Mandarin kelas X akomodasi perhotelan SMKN 27 Jakarta : penelitian tindakan kelas
ABSTRAK
Sinta Ariwijaya. Penggunaan Media Permainan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Pemahaman
Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas X Akomodasi Perhotelan SMKN 27 Jakarta
(Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Agustus. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin siswa
kelas X Akomodasi Perhotelan (AP) 1 SMKN 27 Jakarta. Pemilihan kelas X AP1 SMKN 27 dilihat
dari hasil belajar siswa di semester sebelumnya yang masih rendah. Siswa kurang memahami makna
kosakata bahasa Mandarin dan aksara Han, sehingga pengajar membutuhkan media sebagai alat
bantu pembelajaran supaya pemahaman kosakata bahasa Mandarin dapat meningkat.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan satu siklus yang
terdiri dari dua pertemuan. Pertemuan pertama merupakan pembelajaran mengenai pelafalan, tulisan,
dan makna kosakata. Pertemuan kedua merupakan pembelajaran menggunakan media permainan
teka-teki silang. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan
observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis, wawancara dan
catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media permainan teka-teki silang ini dapat
meningkatkan pemahaman kosakata siswa kelas X AP1 SMKN 27 Jakarta. Peningkatan tersebut
dapat terlihat dari nilai tes siswa yang telah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu
75. Nilai rata-rata pretest siswa pada siklus I adalah 60,73 dengan ketuntasan belajar siswa hanya
mencapai 31,4 %. Nilai rata-rata posttest siklus I siswa pada pemahaman kosakata bahasa Mandarin
telah mencapai KKM yaitu 85,80 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 71,4 %.
Kata kunci: permainan teka-teki silang, kosakata, bahasa Mandarin
SS00021731 | SK 21731 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain