Text
ICT compentencies profile of an English teacher : a case study in junior high school
ABSTRAK
Hilda Zubaidah. 2019. ICT Competencies Profile of an English Teacher (A Case Study in Junior High School). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019.
UNESCO menyatakan bahwa seorang pendidik harus mampu menguasai Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai dasar untuk mengembangkan diri pada abad 21 (UNESCO-CFT, 2011).Studi kasus ini bertujuan untuk memetakan kompetensi TIK ideal bagi guru bahasa Inggris dan menggambarkan kompetensi TIK yang sebenarnya dimiliki oleh seorang guru bahasa Inggris di SMP. Kompetensi ideal TIK bagi seorang guru Bahasa Inggris dipetakan melalui analisis isi atas dokumen yang menjadi acuan kompetensi TIK para pendidik secara umum (UNESCO ICT-CFT 2011, DepED Philippines, dan Department of Education and Training Western Australia) maupun standar acuan kompetensi guru Bahasa Inggris/Bahasa asing yang dinyatakan pada European Profiling Grid. Kompetensi TIK guru dipotret melalui wawancara, angket, analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru dan observasi kelas.Temuan penelitian berupa (1) kompetensi TIK ideal seorang guru bahasa Inggris meliputi pengetahuan tentang alat-alat teknologi dan aplikasi TIK dan memiliki keterampilan untuk menggunakannya, memperluas pengetahuannya serta untuk mengembangkan dirinya. (2) Guru SMP yang diteliti mengenal dan mengetahui delapan macam alat dan 12 macam aplikasi TIK termasukperangkat keras, pengolah kata, internet, navigasi dokumen, pengolah presentasi, pengolah data email, dan basis data, serta menggunakannya untuk mencari bahan ajar, implementasi pembelajaran di kelas, dan melakukan penilaian.
Kata kunci:Profil kompetensi TIK, guru bahasa Inggris, pengetahuan TIK,
keterampilan menggunakan TIK.
SS00021754 | SK 21754 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain