Text
Cultural contents in reading passages of English national examination for junior high school student year 2017 and 2018
ABSTRAK
ANGGUN VIFIYANI. 2019. Muatan Budaya pada Teks Bacaan Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Budaya, sebagai salah satu kompetensi lulusan sekolah menengah pertama yang diukur dalam ujian nasional Bahasa Inggris di Indonesia, memiliki peran yang penting dalam membantu peserta ujian memahami teks bacaan. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan muatan budaya yang terdapat pada teks bacaan ujian nasional sekolah menengah pertama pada mata pelajaran Bahasa Inggris tahun 2017 dan 2018. Muatan budaya merujuk pada aspek budaya yang diusulkan oleh Moran (2001) dan sumber budaya yang diusulkan oleh Cortazzi&Jin (1999). Kerangka penelitian ini adalah analisis konten. Hasil penelitian mengungkap (1) semua aspek budaya telah termuat meskipun dalam jumlah yang berbeda (2) aspek Tempat memiliki jumlah tertinggi sedangkan aspek Orang memiliki jumlah terendah (3) adanya Budaya Sumber (38%), Budaya Sasaran (38%), dan Budaya Internasional (24%). Bisa disimpulkan bahwa teks bacaan yang terdapat pada soal ujian nasional bahasa Inggris tidak hanya dapat memberikan pemahaman yang baik bagi peserta ujian tetapi juga dapat membantu mereka lebih peduli dengan identitas budaya mereka dan dapat menampakkan kehidupan dan budaya penutur asli bahasa Inggris.
Kata Kunci: muatan budaya, aspek budaya, sumber budaya, ujian nasional
SS00021680 | SK 21680 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain