Text
Students' perceptions toward the use of google classroom in cross cultural understanding class
ABSTRAK
FAJRIAN ARIEF.2019. Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom di kelas Cross Cultural Understanding (sebuah studi kualitatif deksriptif). Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Google Classroom merupakan suatu serambi pembelajaran campuran untuk ruang lingkup pendidikan yang dapat memudahkan pengajar dalam membuat, membagikan dan menggolongkan setiap penugasan tanpa kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data persepsi mahasiswa saat menggunakan Google Classroom di kelas CCU. Data yang digunakan diperoleh dari empat puluh mahasiswa pada tahun 2019 dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa saat menggunakan Google Classroom, Technology literacy lebih dominan digunakan oleh siswa. Hal ini di diapatkan dari persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Google classroom melalui tiga komponen yaitu technology literacy, knowledge deepening, and knowledge creation. Cross Cultural Understanding (CCU) dipersepsikan sebagai mata kuliah yang berkaitan dengan pemahaman tentang penggunaan bahasa dalam konteks budaya dan masyarakat bahasa Inggris agar tercapai tujuan komunikasi yang efektif. Para responden menyatakan penggunaan google classroom telah mencakup technology literacy, knowledge deepening, dan knowledge creation, mereka juga perlu memperdalam lagi sehingga benar-benar dapat memahami fungsi Google Classroom yang bukan hanya tempat atau kelas tetapi dapat menjadi tempat untuk membuat atau mengerjakan tugas dan berkomunikasi dengan teman dan dosen. Hasilnya membuktikan bahwa persepsi siswa telah memenuhi tiga level indikator UNESCO ICT Competency Framework yaitu Technology literacy, Knowledge Deepening, and Knowledge Creation. Meskipun demikian, Knowledge Deepening and Knowledge Creation masih perlu ditingkatkan
Kata kunci: Persepsi Siswa, Google Classroom, Pemahaman Lintas Budaya
SS00021643 | SK 21643 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain