Text
Efektivitas pelatihan peningkatan kompetensi profesional SDM guru : Penelitian evaluasi pada Pusat Pengembangan Budaya Kerja Guru (P2BKG) Provinsi Banten (2016)
EFEKTIVITAS KEGIATAN PELATIHAN IN-ON SERVICE TRAINING PADA P2BKG (PUSAT PENGEMBANGAN BUDAYA KERJA GURU)
DI PROVINSI BANTEN-INDONESIA
ADE AHMAD KOSASIH
ABSTRAK
Pengelolaan program pendidikan yang profesional akan membawa pengaruh positif terhadap hasil pendidikan. Maka dari itu, guru menjadi pilar penting dalam peningkatan proses pembelajaran melalui pengelolaan program pendidikan yang baik. Pusat Pengembangan Budaya Kerja Guru (P2BKG) Provinsi Banten menyelenggarakan kegiatan In–On Service Training sebagai upaya peningkatan kompetensi guru. Namun, bagaimana dan sejauhmana efektivitas penyelenggaraan kegiatan In–On Service Training, maka diperlukan suatu studi yang sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif yang didukung kualitatif. Populasi keseluruhan berjumlah 650 orang yang kemudian dipilih secara acak berstrata proposional dengan jumlah 200 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Pelatihan In-On Service Training dalam peningkatan kompetensi guru berada dalam kategori cukup baik, terutama dalam hal manajemen pembelajaran. Proses pelatihannya memperhatikan secara seksama tentang: suasana dan kinerja pedagogis; suasana dan kinerja teknis; suasana dan kinerja sosiologis; aktivitas peserta dalam kegiatan dan suasana teknis; aktivitas peserta dalam kegiatan serta suasana psikologis dan sosial pembelajaran dalam pelatihan sehingga memberikan efektifitas yang kuat. Dengan harapan peserta pelatihan dapat diproyeksikan untuk menjadi guru inti pada guru-guru lainnya, baik dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) maupun kegiatan lainnya.
Keyword : Efektivitas Pelatihan, In-On Service Training, P2BKG.
Bibliografi : lembar 211-216
DD00002645 | D 2645 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain