Text
Designing short story appreciation assessment in google classroom platform
ABSTRAK
Fadilla Amini : Merancang latihan apresiasi cerita pendek di Google Classroom
Penelitian ini bertujuan untuk merancang penilaian apresiasi cerpen di platform
Google Classroom. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai Desain Berbasis Penelitian
(DBR) karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang yang digunakan untuk
proses pembelajaran. Ada tiga siklus utama untuk dapat merancang penilaian. Dalam
prosesnya, karena penelitian berbasis desain adalah proses berulang, tiga siklus inti
terus diulang. Langkah-langkahnya adalah melakukan analisis dan eksplorasi (Mikrosiklus 1), merancang dan membangun (Mikro-siklus 2), evaluasi dan refleksi (mikrosiklus 3). Ini diulangi sekali lagi untuk mendapatkan desain yang valid di final. Subjek
penelitian adalah 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di
Universitas Negeri Jakarta. Data penelitian ini adalah hasil analisis indikator apresiasi
cerpen dari berbagai buku, jurnal, dan silabus, serta hasil analisis kebutuhan
pembelajaran cerpen siswa UNJ Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester
enam. Produk dari desain apresiasi cerita pendek di platform Google Classroom.
Berdasarkan penilaian dan tanggapan dari evaluator dan siswa, dapat disimpulkan
bahwa desain tersebut layak untuk digunakan untuk pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa desain sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai penilaian
untuk mengapresiasi cerita pendek. Pernyataan ini didukung oleh pendapat siswa yang
diberikan pada kuesioner setelah implementasi. Data menunjukkan bahwa desain
tersebut berhasil mengembangkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi sastra
terutama dalam cerita pendek.
Kata kunci: Perancangan, penilaian apresiasi cerpen, DBR, pembelajaran, mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
SS00021650 | SK 21650 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain