Text
Makna kontekstual dalam komunikasi iklan produk kesehatan obat cacing ditelevisi (Kajian Semantik)
ABSTRAK
Galang Ramadhan. 2019. Makna Kontekstual dalam Komunikasi Iklan Produk Kesehatan Obat Cacing di Televisi (Kajian Semantik). Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang makna kontekstual dalam komunikasi iklan produk kesehatan obat cacing di televisi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berfokus pada makna kontekstual dalam komunikasi iklan obat cacing di televisi menggunakan kajian semantik. Objek dalam penelitian ini ialah iklan produk kesehatan obat cacing berupa iklan Combantrin dan Konvermex pada tahun 2015-2018. Berkaitan dengan tujuan penelitian tersebut metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis isi Miles and Huberman. Data penelitian ini komunikasi berupa dialog dan kegiatan yang dikumpulkan dengan teknik merekam data kemudian mentrasktipsi data dengan cara menyimak, lalu menyalin kembali dialog serta kegiatan pada data iklan produk kesehatan iklan di televisi. Instrumen utama dalam penelitian ini ialah instrumen yang dibuat oleh peneliti sendiri (human instrument). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga unsur yang membangun makna kontekstual yang terdiri dari setting berjumlah 18 data, kegiatan berjumlah 20 data, dan relasi berjumlah 17 data. Ketiga unsur tersebut dibedah melalui intrumen penelitian dan kemudian penelitian ini dapat ditemukan makna kontekstualnya. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah makna kontekstual dapat diketahui dengan mengetahui unsur setting, kegiatan, dan relasi. Dalam iklan produk kesehatan obat cacing di televisi pada umumnya makna kontekstual terjadi ketika kegiatan dilakukan dengan penjelasan berupa dialog, sehingga makna dalam iklan tersebut bisa dipahami sesuai dengan konteks. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada jenjang SMP kelas VIII KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, dan poster dan 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster.
Kata kunci: semantik, makna kontekstual, iklan di televisi
Bibliografi : lembar 77- 78
SS00021664 | SK 21664 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain