Text
Pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS HALU OLEO
La Ode Nggawu
ABSTRAK
Penelitian ini fokus pada model pembelajaran Self Regulated Learning dan Pembelajaran Langsung dengan Self Efficacy mahasiswa terhadap hasil belajar menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar menulis bahasa inggris. Penelitian ini dilkasanakan pada Jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas Halu Oleo Kendari sejak Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan disain by level 2 x 2. Sampel penelitian ini sebanyak 62 mahasiswa yang dipilih secara random. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan Self Efficacy terhadap hasil belajar menulis bahasa Inggris mahasiswa; (3) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung pada kelompok yang memiliki Self Efficacy tinggi.; dan (4) hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran Self-Regulated Learning lebih rendah dari pada hasil belajar menulis Bahasa Inggris mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung pada kelompok yang memiliki Self Efficacy rendah.
Keywords: Self Regulated Learning, Pembelajaran Langsung, Self Efficacy, Hasil Belajar Menulis
Bibliografi : lembar 202-213
DD00002675 | D 2675 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain