Text
Metafora dalam iklan produk kecantikan pada majalah Elle (special rajeunir) edisi 1 Februari 2019
ABSTRAK
Mohammad Caesar. 2019. Metafora dalam iklan produk kecantikan pada majalah Elle
(Special Rajeunir) edisi 1 Februari 2019. Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis. Fakultas
Bahasa dan Seni.Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) metafora dalam iklan produk kecantikan pada
majalah Elle (Special Rajeunir) edisi 1 Februari 2019 ; 2) makna metafora dalam iklan produk
kecantikan pada majalah Elle (Special Rajeunir) edisi 1 Februari 2019.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa
kata, kalimat, ungkapan yang terindikasikan sebagai metafora dalam dalam iklan produk
kecantikan pada majalah Elle (Special Rajeunir) edisi 1 Februari 2019.Sumber data dalam
penelitian ini adalah iklan produk kecantikan pada majalah Elle (Special Rajeunir) edisi 1
Februari 2019.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca dan teknik
mencatat.Data penelitian diidentifikasi, diklasifikasikan, dianalisis dan dideskripsikan
penggunaan metafora dan makna metafora tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan metafora mempersingkat narasi,
memunculkan ketaksaan sehingga akan muncul berbagai pemahaman sesuai dengan interpretasi
masing-masing pembaca, melibatkan berbagai pilihan kata yang disediakan bahasa dan menjadi
modus untuk berpikir dengan menyamakan suatu peristiwa dengan peristiwa lain; 2) makna dari
metafora memberikan pengertian pesan dan maksud apa yang ingin disampaikan penulis dalam
menggunakan metafora. Sesuai dengan hasil penelitian ini, diajukan saran yaitu mahasiswa
diharapkan dapat mengkaji dan meneliti dalam majalah atau pada sumber data lain, bisa
mengkaji dalam bidang lain dan menggunakan metode kajian yang berbeda sebagai wujud
pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Bahasa Perancis dan pembaca diharapkan dapat
memahami dan mengambil pelajaran dari hasil penelitian untuk pengaplikasian dalam kehidupan
sosial.
Kata Kunci: Iklan, Majalah Elle, Metafora.
SS00021735 | SK 21735 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain