Text
Peningkatan hasil belajar pengetahuan tari menggunakan metode course review horay siswa kelas VII-F SMP Negeri 148 Jakarta
ABSTRAK
Nadya Larasati. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pengetahuan Tari
Menggunakan Metode Course Review Horay Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 148
Jakarta. Skripsi, Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Pada observasi awal di SMP Negeri 148 Jakarta ditemukan beberapa
masalah, seperti metode pembelajaran kurang interaktif dan sumber belajar yang
tidak variatif, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal dan respon siswa
tidak bersemangat dan fokus. Oleh karena itu diperlukan sebuah metode
pembelajaran yang menekankan pada pendekatan siswa belajar secara aktif.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur
peningkatan hasil belajar pengetahuan tari pada siswa kelas VII-F SMP Negeri
148 Jakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang
efektivitas metode pembelajaran menggunakan Course Review Horay yang
berkaitan dengan hasil belajar pengetahuan tari pada siswa kelas VII-F.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi dan berlangsung pada
bulan Maret sampai Mei 2019 di SMP 148 Jakarta melalui kuesioner, tes,
wawancara, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode Course
Review Horay, maka hasil belajar pengetahuan tari dari siswa kelas VII-F SMP
148 Jakarta mendapatkan nilai rata-rata kemampuan kognitif 62,78 (55,56%)
dalam siklus pertama dan 75,97 (77,78%) dalam siklus kedua.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Tari, Course Review Horay
SS00021722 | SK 21722 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain