Text
Digital literacy profile of English education study Program Students in Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Tita Desyara. 2019. Profil Literasi Digital Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta.. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi digital Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta dalam hal kegiatan mereka dalam menguasai disiplin sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam belajar Bahasa Inggris dan literasi digital mereka secara umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode survei yang menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner dan wawancara. Kedua instrumen tersebut dibangun dengan mengadopsi Kerangka Kompetensi Literasi Digital UNESCO (2018) di mana telah dicoba untuk mengukur literasi digital di beberapa negara dan formulasi peneliti lain seperti Glister (1997) dan Hague dan Payton (2010). Subjek penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2015-2018 sebanyak 160 siswa. Wawancara ini digunakan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang literasi digital dengan mewawancarai 15 siswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dari tahun yang berbeda. Ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta sudah mengetahui kompetensi tertentu dalam literasi informasi dan data, komunikasi, keselamatan, dan penyelesaian masalah. Namun, para mahasiswa masih kurang memiliki kesadaran, keterlibatan dan kegiatan dalam pembuatan dan kolaborasi konten digital. Belum ada mahasiswa yang secara teratur membuat atau mengunggah konten bahasa Inggris sederhana atau konten umum lalu mengunggahnya ke media sosial atau media digital. Mereka sebagian besar hanya pernah membuat konten digital selama kehidupan kampus mereka untuk tujuan penugasan. Mereka masih dalam level pengguna, bukan pencipta. Selain itu, penggunaan media sosial dan internet hanya digunakan untuk berkomunikasi, bukan berkolaborasi dengan orang pada umumnya, misalnya dengan bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris tertentu atau tujuan komunitas sosial.
Kata Kunci: Literasi digital, Profil Literasi Digital, Literasi Data dan Informasi, Komunikasi, Kolaborasi, Pembuatan Konten Digital, Keamanan, Penyelesain Masalah.
SS00021749 | SK 21749 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain