Text
Pengembangan media pembelajaran buku saku di lengkapi QR Code pada pokok bahasan fenomena quantum
ABSTRAK
Aal Awaliah. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Dilengkapi QR Code Pada Pokok Bahasan Fenomena Kuantum. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Juli 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku saku yang dilengkapi dengan QR Code pada pokok bahasan fenomena kuantum yang layak untuk digunakan. Buku saku fisika “Fenomena Kuantum Dualisme Cahaya Dilengkapi QR Code” membahas materi mengenai fenomena-fenomena yang menunjukkan sifat dualisme cahaya, khususnya sifat cahaya sebagai partikel. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan. Telah dilakukan uji kelayakan dan uji coba penggunaan produk. Uji kelayakan dilakukan kepada 2 ahli materi dan 1 ahli media. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh rata-rata persentase hasil ahli materi 92,29% dan hasil ahli media 78%. Uji coba penggunaan produk dilakukan kepada dua orang guru fisika dan 13 orang siswa SMAN 33 Jakarta. Berdasarkan hasil uji coba produk kepada guru fisika, didapatkan persentase rata-rata hasil 86,07%. Sedangkan hasil uji coba produk kepada siswa memperoleh rata-rata persentase 90,48%. Uji efektivitas menggunakan uji gain ternormalisasi memperoleh rata-rata skor sebesar 0,58 yang menyatakan terjadi penambahan pengetahuan dengan interpretasi sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji coba produk yang telah dilakukan, buku saku fisika “Fenomena Kuantum Dualisme Cahaya Dilengkapi QR Code” dinyatakan layak sebagai buku saku dan dapat menambah pengetahuan siswa.
Kata Kunci: buku saku fisika, fenomena kuantum, qr code
Bibliografi Lembar : 71 - 73
SS00021462 | SK 21462 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain