Text
Pembelajaran seni musik pada materi cipta lagu di Sekolah Global Jaya
ABSTRAK
Tio Mathilda Carolina. 2019.Pembelajaran Seni Musik Pada Materi Cipta lagu DiSekolah Global Jaya . Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran seni musik pada materi cipta lagu di sekolah global jaya dari segi metode pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan cara studi pustaka, studi dokumentasi, serta wawancara. keabsahan data diuji dengan triangulasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tempat penelitian adalah di Global Jaya School. Sekolah ini ber alamat di JL. Raya Jombang, Pondok Aren, Bintaro Jaya Sektor IX, Parigi, Kota Tangerang Selatan. Peneliti memperoleh data melalui pengamatan di ruang kelas year 3A. Penelitian pada sekolah ini terhitung dari bulan Oktober 2018 – Januari 2019.
Hasil penelitian dari pertemuan 1 sampai pertemuan 8 terjadi peningkatan kreativitas, motivasi belajar dan suasana pembelajaran yang kondusif. Bukti dari bentuk kreativitas adalah dihasilkanya lagu dari siswa/siswi kelas year 3A sekolah Global Jaya. Pada hasil lagu, nada yang digunakan oleh siswa/siswi pada dasarnya dari Do-Do’ dengan progresi akor yaitu I, IV, V. Begitu juga dengan lirik yang mereka gunakan, menceritakan sesuai tema yaitu tentang Ocean dan Jungle. Tahap terakhir, siswa/siswi melakukan penampilan atau menampilkan hasil lagu yang sudah dibuat. Materi ini mencakup teori musik dasar, pengenalan akan melodi, pelajaran ritmik sederhana, serta menulis lirik sederhana. Pembelajaran ini mengajarkan bagaimana siswa/siswi dapat menuangkan dan meng-ekpresikan ide-ide melalui lagu buatan sendiri.
SS00021745 | SK 21745 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain