Text
Pemberdayaan santri untuk meningkatkan kecakapan sosial : studi kasus Pesantren Salafiyah Kapurejo Pagu Kediri
ABSTRAK
Anisatul Mudrika, Pemberdayaan Santri untuk Meningkatkan
Kecakapan Sosial (Studi Kasus Pesantren Salafiyah Kapurejo Pagu
Kediri)., Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
pemberdayaan yang dilakukan oleh pihak pengurus Pesantren Salafiyah
Kapurejo Pagu Kediri untuk meningkatkan kecakapan sosial santri. Adapun
metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif
yang mendeskripsikan seluruh kegiatan pondok yang berkaitan dengan
peningkatan kecakapan sosial santri. Beberapa teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara secara terstruktur, semistruktur, dan
informal.
Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Parsons
mengatakan bahwa pemberdayaan adalah sebuah proses dengan nama orang
menjadi cukup kuat untuk berpartisipasi dalam mengontrol dan mempengaruhi
terhadap kejadian-kejadian serta lembaga-lembaga yang mempengaruhi
kehidupannya. Dalam pemberdayaan terdapat konsep, tujuan, prinsip dan tahapan
yang akan mendukung keberlangsungan kegiatan Pesantren untuk meningkatkan
kecakapan sosial santri. Kemudian, teori tahapan oleh Isbandi Rukminto Adi
yakni ada 7 tahapan dari tahap persiapan hingga terminasi. Adapun teori yang
berkenaan dengan kecakapan sosial peneliti menggunakan teori Handayani
(2009:3) mengartikan kecakapan sosial ialah mencangkup kecakapan komunikasi
yang didampingi dengan daya empati dan kecakapan dalam berkerja disebuah tim.
Kesemua teori ini akan dipadu padankan oleh peniliti guna menganalisis dan
mendeskripsikan data yang diperoleh di lapangan.
Hasil dari penelitian ini adalah kecakapan sosial meningkat dilihat dari
pelayanan santri terhadap para jamaah istighosah, pada kegiatan ini kecakapan
sosial yang tumbuh adalah sisi empati dan tanggung jawab mereka. Bahkan, nilai
kecakapan sosial ini masih melekat hingga mereka menjadi alumni. Hal ini
dibuktikan pada kontribusi alumni yang besar dalam menyumbang dan
mendukung kebertahanan pesantren hingga saat ini.
Kata kunci: Pemberdayaan , Santri, Kecakapan Sosial, Pesantren
SS00021777 | SK 21777 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain