Text
The use of information and communication technology tools in learning activities of pre-service teacher's lesson plan
ABSTRAK
DIAN PUSPARANI. 2019. The Use of Information and Communication
Technology Tools in Learning Activities of Pre-Service Teacher’s Lesson Plan.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan
Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis ICT yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Iinformasi dan Komunikasi (TIK) dalam
rencana pembelajaran yang dirancang oleh calon guru. Analisis dokumen
dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian. 10 rencana pembelajaran
dikodifikasi dengan mengacu pada Lima jenis kegiatan pembelajaran yang
diusulkan Van Olphen, Hofer, & Harris (2011). Penemuan menunjukkan bahwa ada
11 jenis ICT yang ditemukan dalam rencana pembelajaran yang dirancang oleh
calon guru adalah YouTube, PowerPoint, PowToon, Proprofs, Seesaw, Instagram,
Movie Audio, Vizia, Audio book, Winamp, and Google form. Lebih lanjut, semua
jenis kegiatan pembelajaran ditemukan dan ditentukan sebagai berikut: 10
mendengarkan, 3 berbicara, 3 membaca, 9 menulis, dan 6 melihat. Hasil ini
mengindikasikan bahwa integrasi ICT dalam kegiatan pembelajaran berbasis
Teknologi Iinformasi dan Komunikasi dalam rancangan pembelajaran yang
dirancang oleh calon guru sebagai pemancar konten, alat presentasi, juga sebagai
alat yang terlibat langsung terhadap calon guru dan muridnya dalam sebuah
platform.
Kata kunci: penggunaan ICT; alat ICT; kegiatan pembelajaran berbasis TIK;
Calon Guru; Rancangan Pembelajaran
Bibliografi-lembar 41-42
SS00021655 | SK 21655 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain