Text
Meningkatkan hasil belajar muatan IPA melalui pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) siswa kelas IV SD Islam yayasan Rumah Pendidikan Islam (RPI) Setia Budi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI
PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI)
SISWA KELAS IV SD ISLAM YAYASAN RUMAH PENDIDIKAN ISLAM
(RPI) SETIABUDI JAKARTA SELATAN
Andini Dwi Cahyani
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV di SD Islam RPI
Setiabudi Jakarta Selatan melalui pendekatan Somatic Auditory Visual
Intellectual (SAVI). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2019 di SD Islam
RPI Setiabudi Jakarta Selatan dengan subjek penelitian kelas IV yang
berjumlah 19 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri
dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Ketuntasan atau skor keberhasilan hasil belajar
siswa yaitu sebesar 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam RPI
Setiabudi Jakarta Selatan karena dapat memfasilitasi gaya belajar siswa
yang beragam, melatih kemampuan berfikir siswa, dan merasakan
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada siswa.
Peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan dengan peningkatan
persentase siswa yang melebihi 80%. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai
rata-rata kelas adalah 71,93% dan siswa yang mencapai skor >70 sebanyak
14 siswa atau 73,68%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah
85,26% dan siswa yang mencapai skor >70 sebanyak 16 siswa atau 84,21%.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat
dijadikan sebagai salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran IPA, pendekatan SAVI, siswa kelas
IV Sekolah Dasar
SS00021523 | SK 21523 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain