Text
Pembelajaran alat musik bundengan di SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo: sebagai salah satu instrumen alat musik tradisional
ABSTRAK
Rini Shintiya, 2019. Pembelajaran Alat Musik Bundengan di SMPN 2 Selomerto Wonosobo (Sebagai Salah Satu Instrumen Tradisional). Skripsi. Jurusan Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran alat musik Bundengan di SMPN 2 Selomerto Wonosobo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah pembelajaran alat musik Bundengan di SMPN 2 Selomerto Wonosobo. Data yang dimuat merupakan hasil studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran alat musik Bundengan di SMPN 2 Selomerto Wonosobo mempunyai tahapan-tahapan pembelajaran: memberikan tujuan pembelajaran, isi/materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Guru seni budaya yang mengajarkan alat musik Bundengan di SMPN 2 selomerto mempunyai peranan besar dalam mengembangkan alat musik Bundengan di Wonosobo dengan melakukan pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : pembelajaran Bundengan, SMPN 2 Selomerto
Bibiografi : lembaran 83-84
SS00021712 | SK 21712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain