Text
Pengaruh penguasaan bahan ajar, pengetahuan konstruksi tes, dan sikap atas pelajaran sosiologi terhadap kualitas tes objektif buatan guru SMA Negeri dan Swasta Jakarta Utara
PENGARUH PENGUASAAN BAHAN AJAR, PENGETAHUN KONSTRUKSI TES, DAN SIKAP ATAS PELAJARAN SOSIOLOGI TERHADAP KUALITAS TES OBJEKTIF BUATAN GURU SMA JAKARTA UTARA
E X T R I S
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konstrusi tes , penguasaan bahan ajar dan sikap atas pelajaran sosiologi terhadap kualitas tes objektif buatan guru SMA se Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.Data dianalisis dengan menggunakan teknik regresi untuk menguji hipotesis. Sampel penelitian ini adalah Guru Sosiologi SMA Negeri dan Swasta di wilayah Jakarta Utara yang berjumlah 79 orang guru Sosiologi yang di peroleh dengan teknik tes dan non tes untuk menjaring data. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa : (1) terdapat penguasaan bahan ajar sosiologi mempunyai pengaruh langsung yang positif terhadap kualitas tes objektif buatan guru. (2) pengetahuan konstruksi tes mempunyai pengaruh langsung positif terhadap kualitas tes objektif buatan guru. (3) sikap atas pelajaran sosiologi mempunyai pengaruh langsung positif terhadap kualitas tes objektif buatan guru. (4) pengetahuan konstruksi tes mempunyai pengaruh langsung yang positif terhadap sikap atas pelajaran sosiologi. (5) penguasaan bahan ajar sosiologi mempunyai pengaruh langsung positif terhadapsikap atas pelajaran sosiologi. Dengan demikian, diharapkan bahwa semua guru harus mencoba mengembangkan kompetensi mengajar mereka dengan berbagai cara untuk mencapai hasil yang konsisten dengan praktik terbaik.
Kata kunci: kualitas tes objektif, pengetahuan guru, sikap, pelajaran Sosiologi, pengetahuan konstruksi ujian
Bibliografi : lembar 159-164
DD00002700 | D 2700 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain