Text
Perbandingan antara metode latihan passing tembok dan metode latihan passing berpasangan terhadap akurasi passing pada siswa under 14 tahun di sekolah sepakbola Tajimalela kota Bekasi tahun 2019
RINGKASAN
Rayki Nato Putra. Perbandingan Metode Latihan Passing Tembok dan Metode Latihan Passing Berpasangan Terhadap Akurasi Passing Pemain Sekolah Sepakbola Tajimalela Kota Bekasi, Skripsi. Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta 1 Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbandingan metode latihan passing tembok untuk meningkatkan akurasi passing pemain sekolah sepakbola Tajimalela Kota bekasi. (2) Perbandingan metode latihan passing berpasangan untuk meningkatkan akurasi passing pemain sekolah sepakbola Tajimalela Kota bekasi. (3) Metode mana yang lebih besar memberikan perbandingan antara metode latihan passing tembok dibandingkan metode latihan passing berpasangan untuk menignkatkan akurasi passing pemain sekolah sepakbola Tajimalela Kota Bekasi.
Penelitian dilakukan di Sekolah Sepakbola Tajimalela Kota Bekasi dan pengambilan data dilaksanakan dari tanggal 15, Januari 2019 sampai dengan tanggal 17, Februari 2019 dilapangan Sepakbola asrama yoniv mekanis Tajimalela, Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design two pre-test and post-test group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa sekolah sepakbola Tajimalela Kota Bekasi yang berjumlah 100 siswa. Kemudian dilakukan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir dengan instrument test Passing. Teknik analisis data menggunakan statistic uji-t pada taraf kepercayaan (signifikan): 0,05.
iii
Dari hasil penelitian bahwa kelompok yang diberikan metode latihan passing tembok mengalami peningkatan signifikan. Dengan hasil perbandingan data awal dan akhir yang berupa thitung sebesar 9.66 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan n-1 = 14 adalah 2,147 maka thitung (9,66) > ttabel (2,147), kelompok yang diberikan metode latihan passing berpasangan mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan hasil perbandingan data awal dan data akhir metode latihan passing tembok dan metode latihan passing berpasangan yang berupa ttabel sebesar 1,65, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan n-2 = 28 adalah 2,05 maka thitung (2,995) < Ttabel (2,05), dengan dimikian uji t menyimpulkan bahwa hasil metode latihan passing tembok dan metode latihan passing berpasangan sudah ada peningkatan tetapi tidak senigfikan secara data statistik , maka Ho diterima dan H1 ditolak jadi hasil pengolahan data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan program latihan passing sepakbola , hasil passing masing – masing kelompok sama – sama mengalami peningkatan, namun terdapat pengeruh yang signifikan dari hasil tes keterampila passing dengan kelompok metode latihan passing tembok
Bibliografi : lembaran 60
SS00021957 | SK 21957 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain