Text
Perbandingan antara latihan dengan menggunakan reactionball dan blindfold kemampuan menangkap cabang cricket pada siswa SMPN 205 Jakarta
PERBANDINGAN ANTARA LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN REACTIONBALL DAN BLINDFOLD TERHADAP KEMAMPUAN MENANGKAP CABANG CRICKET PADA SISWA SMPN 205 JAKARTA
ABSTRAK
Abstrak, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara latihan dengan menggunakan reactionball dan latihan dengan menggunakan blindfold manakah yang lebih efektif untuk kemampuan menangkap cabang cricket pada siswa SMPN 205 Jakarta. Peneliti melaksanakan penelitian pada tanggal 17 Juni sampai dengan 12 Juli 2019 di SMPN 205 Jakarta. Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan ‘pre-test dan post test’ pada siswa SMPN 205 Jakarta. Populasi siswa yang mengikuti cricket sebesar 21 siswa dan peneliti mengambil sampel sebesar 14 siswa. Pengambilan teknik sampel ini menggunakan random sampling dan teknik pengambilan data menggunakan uji t. Hasil penelitian yaitu: (1). Mendapatkan hasil yaitu thitung sebesar 3,800 dan ttabel sebesar 1,943 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berarti latihan reactionball dapat mempengaruhi kemampuan menangkap cabag cricket pada siswa SMPN 205 Jakarta. (2) Mendapatkan hasil yaitu thitung sebesar 7,562 dan ttabel sebesar 1,943 dengan taraf signifikan α = 0,05. . Berarti latihan blindfold dapat mempengaruhi kemampuan menangkap cabag cricket pada siswa SMPN 205 Jakarta. (3) terdapat perbedaan antara latihan dengan menggunakan reactionball dan menggunakan blindfold terhadap kemampuan menangkap cabang cricket pada siswa SMPN 205 Jakarta. Hasil penghitungan nilai thitung -2,54 dan nilai ttabel 1,78 dengan taraf signifikan α 0,05.
Kata kunci: Latihan Reactionball, Latihan Blindfold, Kemampuan Menangkap
Bibliografi: lembar 49-50
SS00021950 | SK21950 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain