Text
Model bahan ajar menulis teks bahasa Jerman berbasis pendekatan proses (Penelitian dan pengembangan di Program Studi Pengajaran Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado)
MODEL BAHAN AJAR MENULIS TEKS BAHASA JERMAN BERBASIS
PENDEKATAN PROSES
(Penelitian dan Pengembangan di Program Study Pengajaran Bahasa Jerman
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado)
DULCIANA CHATY ENGELHART HITIPEUW
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan adalah menhasilkan prototip model bahan
ajar menulis bahasa Jerman berbasis pendekatan proses pada mahasiswa semester
semester lima di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Manado di Tondano. Penelitian yang mengikuti langkah-langkan
dari Borg dan Gall dipadukan dengan langkah-langkah dari Dirk, Carey, dan Carey.
Pertama, dilakukan studi pendahuluan melalui observasi, dokumentasi dan
wawancara untuk mendapatkan data deskripsi kebutuhan mahasiswa dan dosen akan
bahan ajar menulis. Kedua, melakukan uji pakar, uji coba lapangan awal, lapangan
utama, dan uji lapangan operasional. Hasil uji coba produk prototip bahan ajar
menulis pada uji lapangan operasional dengan uji-t berdasarkan SPSS menunjukkan
bahwa prototip model bahan ajar menulis bahasa Jerman berbasis pendekatan proses
efektif. Rata-rata hasil belajar pretest sebesar 8,31 sedangkan hasil belajar postest
sebesar 12,50. Perbedaan hasil menulis berbasis tugas pretest dan postest sebesar
4,188, dengan nilai thitung16,001, ttabel 2,13 dan nilai p-value sebesar 0,000. Nilai ratarata hasil menulis berbasis pendekatan proses pretest tidak sama dengan postest (μ1
μ2), nilai thitung lebih besar t tabel dan nilai p-value < 0,005 (0,000
DD00002706 | D 2706 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain