Text
Evaluasi program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) di LP3I Course Center Kramat
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA UNGGULAN DI LP3I COURSE CENTER KRAMAT
ASTRI DELISTYA RIZKI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) yang diselenggarakan di LP3I Course Center Kramat. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam yang dikenal dengan model Konteks, Masukan, Proses, Produk. Penelitian ini bersifat evaluasi dengan menggunakan metode survey dengan teknik deskriptif bermaksud mengumpulkan, memaparkan, dan mengkaji aspek yang dievaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam terselenggaranya program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) yang diselenggarakan di LP3I Course Center Kramat yakni penyelenggara, instruktur, dan peserta. Kemudian sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh populasi. Paparan hasil penelitian ini adalah tabulasi data berdasarkan butir pertanyaan dan jawaban yang dipersentasekan. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa efektifitas program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) yang diselenggarakan di LP3I Course Center Kramat ditinjau dari komponen konteks, masukan, proses, dan produk sesuai dengan kebutuhan sasaran. Kesimpulan penelitian ini adalah pendampingan usaha program Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan (PKKU) yang diselenggarakan di LP3I Course Center Kramat dinilai efektif berdasarkan hasil data yang diperoleh dan ditinjau dari komponen CIPP.
Kata Kunci: Evaluasi, Program, Pendidikan Kecakapan Kerja Unggulan.
SS00021525 | SK 21525 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain