Text
Meningkatan hasil bahasa Indonesia melalui penggunaan media komik kartun untuk siswa dengan hambatan pendengaran kelas III SDLB B Pangudi Luhur : (Penelitian tindakan kelas di SLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOMIK KARTUN UNTUK SISWA DENGAN HAMBATAN PENDEGARAN KELAS III SDLB B PANGUDI LUHUR
(Studi Tindakan Kelas di SDLB B Pangudi Luhur Jakarta Barat)
(2019)
Ade Kartini
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dari pembelajaran bahasa Indonesia melalui media komik kartun pada siswa dengan hambatan pendengaran kelas III SDLB B Pangudi Luhur, Jakarta Barat. Subjek penelitian ini sebanyak 7 orang siswa dengan materi penggunakan tanda baca yaitu tanda baca titik, koma, tanya, seru dan kutip. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 pertemuan. Pengumpulan data diambil berdasarkan pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan siswa dalam pemahaman dan penggunaan tanda baca yang diterapkan melalui media komik kartun. Peningkatan lebih terlihat naik pada siklus II yaitu rata-rata nilai hasil sebanyak 73 sedangkan dari siklus I yaitu rata-rata nilai hasil sebanyak 47. Penilaian diambil berdasarkan hasil jawaban tanda baca pada 10 butir soal melengkapi tanda baca pada kalimat sederhana.Melalui pembelajaran ini siswa lebih memahami penggunaan tanda baca serta melalui media komik kartun dapat membuat siswa lebih antusias dalam mengenal tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dengan materi penggunaan tanda baca melalui penggunaan media komik kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDLB B Pangudi Luhur.
Kata kunci: Media komik kartun, bahasa Indonesia siswa dengan hambatan pendegaran
SS00021530 | SK 21530 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain