Text
Meningkatkan hasil belajar penjumlahan dalam pembelajaran matematika melalui metode bermain memancing ikan pada siswa hambatan intektual
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE BERMAIN
MEMANCING IKAN PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL
(2019)
Al Shaffaat Ronvy
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dalam
pembelajaran Matematika di SLB negeri 4 Jakarta. Subjek penelitian adalah
siswa kelas 3 SLB Negeri 4 Jakarta yang berjumlah 4 siswa. Metode yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model
Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
bermain pancing ikan dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan
Matematika oleh siswa dengan hambatan intelektual. Nilai rata-rata
kemampuan Matematika siswa pada tes kemampuan awal tercatat sebesar
35. Pada akhir siklus I, setelah diberikan tindakan menggunakan media
pancing ikan kemampuan matematika siswa meningkat menjadi 55.
Kemampuan Matematika selanjutnya meningkat lagi menjadi 83 pada akhir
siklus II. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa menggunakan metode
berain memancing ikan dapat membuat proses pembelajaran mudah,
menyenangkan, dan menumbuhkan percaya diri pada siswa dengan
hambatan intelektual. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa
metode bermain memancing ikan dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan
pada siswa dengan hambatan intelektual.
Kata kunci : Penjumlahan, metode bermain pancing ikan, hambatan
intelektual.
Bibliografi : lembar 108
SS00021605 | SK 21605 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain