Text
Problematika guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS : studi kasus SMPN 202 Jakarta Timur
ABSTRAK
ZEHRA ASTRI NURFAJRIAH,problematika guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Studi kasus SMPN 202 Jakarta). Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS dalam pembelajaran, serta upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif di SMPN 202 Jakarta kelas VIII-5.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa dilihat dari internal dan eksternal. Dalam pembelajaran ditemukan hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran IPS yang terdapat dalam diri siswa yaitu kurangnya motivasi, melamun, kurang percaya diri, minat siswa dalam pembelajaran. Hambatan yang terdapat dari luar siswa seperti kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran. Dengan adanya hambatan tersebut guru berupaya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan bervariasi, menggunakan materi pembelajaran, membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Sehingga penelitian ini menunjukan bahwa guru ips dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran sangat penting karena siswa memiliki keterbatasan-keterbatasan yang menghambat jalannya pembelajaran, dan terdapat upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.
Kata kunci: kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS
Bibliografi : lembar 80-82
SS00021876 | SK 21876 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain