Text
Pengaruh model pembelajaran dan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK
TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
La Ndia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran dan
kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilakukan di SMP
Negeri 5 Kendari dari bulan Agustus sampai Desember 2018. Metode penelitian
menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2. Sampel penelitian
terdiri dari 64 siswa yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan ANAVA dengan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari
model pembelajaran langsung; (2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki
kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial;
(3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan keceradasan majemuk
terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) Hasil belajar matematika siswa yang
memiliki kecerdasan logika matematika yang dibelajarkan dengan model PBL lebih
tinggi dari model pembelajaran langsung; (5) Hasil belajar matematika siswa yang
memiliki kecerdasan spasial yang dibeajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari
model pembelajaran langsung; (6) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki
kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan spasial
yang dibelajarkan dengan model PBL; (7) Hasil belajar matematika siswa yang
memiliki kecerdasan logika matematika lebih tinggi dari siswa yang memiliki
kecerdasan spasial yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran matematika realistik,
pembelajaran langsung, kecerdasan spasial, kecerdasan logika
matematika, hasil belajar
Bibliografi : lembar 251-264
DD00002676 | D 2676 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain