Text
Strategi guru tunanetra dalam pembelajaran angklung : penelitian deskriptif di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta
STRATEGI GURU TUNANETRA DALAM PEMBELAJARAN ANGKLUNG
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan seorang guru tunanetra yang
mengajar peserta didik tunanetra dengan strategi yang dimilikinya. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang
bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru tunanetra
mengajarkan ekstrakulikuler angklung kepada siswa tunanetra di SLB A
Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus Jakarta. Data diperoleh melalui
observasi dan wawancara dengan dua orang narasumber yaitu guru
angklung dan guru pendamping dan dokumentasi saat berlangsungnya
pembelajaran angklung di SLB A Pembina Tingkat Nasional Lebak Bulus
Jakarta. Dalam penelitian ini diperoleh hasil berupa strategi pembelajaran
yang kontekstual, metode pembelajaran dengan demonstrasi, interaksi guru
dengan siswa sudah terlihat, teknik, kiat, dan taktik guru saat mengajar
berbeda dengan guru lain, media yang digunakan menggunakan media
konkret atau nyata dan guru memberikan evaluasi berupa evaluasi non test.
Kata Kunci : strategi guru, tunanetra, angklung
Bibliografi : lembar 106-108
SS00021548 | SK 21548 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain