Text
Pengembangan model blended learning mata kuliah sistem basis data di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya
PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING MATA
KULIAH SISTEM BASIS DATA DI FAKULTAS ILMU
KOMPUTER UNIVERSITAS BANTEN JAYA
RUSTAM EFFENDI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar mata
kuliah Sistem Basis Data sebagai materi ajar sistem pembelajaran dengan penerapan
blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah
Model Pengembangan Instruktional Dick dan Carey penyempurnaan model dari
Suparman. Pengembangan bahan pembelajaran dimulai dengan analisis kebutuhan
dan perumusan tujuan, analisis instructional, mengindentifikasi perilaku dan
karakteristik awal learner, menulis tujuan intruksional khusus, menulis tes acuan
patokan, menyusun strategi pembelajaran, mengembangkan bahan instuksional,
menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif, revisi, mendapatkan sistem
intruksional yang diinginkan. Kesimpulan secara umum, validasi dari ahli desain
pembelajaran 93%, ahli materi 95% dan ahli media 94% sehingga merekomendasikan
bahan pembelajaran dapat digunakan. Pada uji coba perorangan 91,95%, Ujicoba
kelompok kecil 92,24% dan pada uji coba lapangan 92,82% maka bahan
pembelajaran matakuliah sistem basis data layak dikembangkan penerapan dengan
model blended learning. Kompetensi dasar yang ingin dicapai dan indikator penyajian
materi tentang materi pembelajaran dan program e-learning dalam matakuliah sistem
basis data telah sangat baik dan mudah dipahami oleh mahasiswa.
Kata kunci: Produk, Bahan Pembelajaran, Blended Learning
Bibliografi : lembar 178-191
DD00002679 | D 2679 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain