Text
Model pembelajaran servis atas bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas atas
SYAHRUL EFFENDI. “MODEL PEMBELAJARAN SERVIS ATAS BOLA VOLI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS”
( Research and Development di SDN Kelapa Gading Barat 01)
Syahrul Effendi
Pendidikan Jasmani, Universitas Negeri Jakarta
Syahrull_effendi@yahoo.co.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran servis atas bola voli dan menghasilkan produk pengembangan berupa model pembelajaran servis atas bola voli untuk siswa sekolah dasar kelas atas yang akan disusun menjadi sebuah buku. Tempat penelitian di lapangan Sekolah Dasar Negeri Kelapa Gading Barat 01, Jl. P. Tamiang I No.45 Komplek TNI AL. Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading Kota Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta. Waktu penelitian selama 4 bulan terhitung sejak bulan September sampai bulan Desember 2018
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan mengacu pada pendapat model ADDIE, dimana penelitian ini melalui 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan Model, Pelaksanaan, dan Evaluasi.
Pembuatan awal produk dengan menggunakan 22 item model, setelah di validasi terdapat 20 model yang layak. Setelah uji validasi dilakukan uji coba kelompok kecil , peneliti menerapkan 20 item model dengan 15 subjek siswa. Setelah dilakukan uji coba kelompok kecil, peneliti melakukan uji coba kelompok besar yaitu 20 item model dengan 30 subjek, sebelum diberikan model peneliti mengambil tes awal hasil belajar servis atas, hasil tes awal didapat rata-rata sebesar 27,73. Setelah penerapan model yang dilakukan
selama 16 kali pertemuan. Peneliti melakukan tes akhir dan diperoleh hasil sebesar 28,83.
Hasil penelitian menunjukkan model servis atas untuk siswa Sekolah Dasar kelas atas ini layak diterapkan dan digunakan dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil akhir model ini berupa buku model servis atas bola voli untuk siswa Sekolah Dasar kelas atas.
Kata Kunci: Servis atas bola voli, Sekolah Dasar Kelas atas
Bibliografi : lembar 76-77
SS00021889 | SK 21889 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain