Text
Perbandingan kadar HDL (High Density Lipoprotein) pada siswa kelas khusus olahraga dengan kelas reguler kelas VIII SMP Negeri 11 Depok tahun ajaran 2018/2019
PERBANDINGAN KADAR HDL (HIGH DENSITY LIPOPROTEIN) PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DENGAN KELAS REGULER KELAS VIII SMP NEGERI 11 DEPOK TAHUN AJARAN 2018/2019
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kadar HDL (High Density Lipoprotein) siswa kelas olahraga dengan kelas reguler. Dan memberikan pengetahuan tentang kadar HDL (High Density Lipoprotein) yaitu kolestrol yang baik bagi tubuh yang diberikan kepada siswa kelas olahraga dan reguler pada smp 11 Depok. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif komparatif untuk mendapatkan suatu hasil yang berupa data dari pihak laboratorium, dilakukan pengambilan darah dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan kadar HDL (High Density Lipoprotein). Pengambilan darah dilakukan dengan total sempel berjumlah 18 siswa kelas olaharaga dan 16 siswa kelas reguler yang nantinya akan diambil darahnya untuk mengetahui kadar HDL(High Density Lipoprotein) siswa tersebut. Teknik pengujian hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik analisa uji-t independen pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini sebagai berikut : perbandingan kadar HDL (High Density Lipoprotein) kelas olahraga memiliki mean 44,3 dengan standar deviasi (SD) 4,16 dan standar kesalahan eror (SEM) 0,95. Dari data tersebut dapat digabungkan standar kesalahan mean (SEMXMY) yaitu 1,72. T – hitung 1,022 dan t – tabel 1,69 maka t – hitung lebih < t – tabel yang menunjukan bahwa (H0) di terima. Jadi kesimpulannya adalah terdapat perbedaan kadar HDL (High Density Lipoprotein) pada kelas olahraga dengan kelas reguler. Dari perbandingan standar deviasi didapatkan hasil 4,16 : 5,88 dapat disimpulkan bahwa kadar HDL (High Density Lipoprotein) kelas olahraga lebih rendah dari kelas reguler.
Kata kunci : Kadar HDL(High Density Lipoprotein), Kelas Olahraga, Kelas Reguler
Bibliografi : lembar 50-51
SS00021894 | SK 21894 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain