Text
Model pembelajaran pukulan gyaku tsuki berbasis permainan pada siswa ekastrakurikuler karate SMP Kosgoro Bogor
RINGKASAN
SELVIANI. MODEL PEMBELAJARAN PUKULAN GYAKU TSUKI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA EKSTRAKULIKULER KARATE SMP KOSGORO BOGOR. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Jakarta, 2019
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan model pembelajaran gyaku tsuki berbasis permainan yang menarik untuk siswa ekstrakulikuler SMP Kosgoro Bogor. Aktivitas yang telah dilakukan menggunakan metode RND yang akan menghasilkan produk berupa model pembelajaran. Subjek yang menjadi sasaran dalam penelitian pengembangan Model pembelajaran gyaku tsuki berbasis permainan pada siswa SMP Kosgoro Bogor dengan karakteristik yaitu siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakulikuler Karate SMP Kosgoro Bogor. Dari sepuluh langkah model Sugiyono, Penelitian hanya sampai pada tahap ke enam, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk awal, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba produk . Hasil dari penelitian tindakan ini akan menghasilkan produk desain latihan yang lengkap dan lebih spesifikasi ke cabang olahraga karate.
Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan ahli dalam bidang cabang olahraga karate, ahli dalam permainan, ahli dalam konsultan gerak dan ahli pelatih karate sebagai expert judgment. Uji validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model pembelajaran pukulan gyaku tsuki berbasis permainanmenggunakan 10 model yang divalidasi.Berikutnya diuji coba skala kecil dengan jumlah sampel siswa di SMP Kosgoro Bogor dan diuji coba skala besar dengan jumlah sampel siswa di SMP Kosgoro Bogor.
Model pembelajaran pukulan gyaku tsuki berbasis permainan ini juga dapat dijadikan bahan referensi bagi pengajar dalam pembelajaran yang sesuia dengan karakteristik siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan produk model pembelajaran pukulan gyaku tsuki berbasis permainan pada tingkat sekolah menengah sebanyak 10 model.
Kata Kunci: gyaku tsuki, karate, permainan.
Bibliografi : lembar 83-85
SS00021898 | SK 21898 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain