Text
Pengaruh pendekatan latihan dan persepsi kinestik terhadap keterampilan pukulan smes permainan bulutangkis pada atlet usia anak-anak PB. Jaya Raya Metland
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode
latihan drill dan latihan stroke berpasangan, terhadap hasil ketepatan smes
bulutangkis, atlet usia anak- anak .
Penelitian ini dilaksanakan di PB Jaya Raya Metland Jakarta, pada bulan
mei–Juli 2019, dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan
faktorial 2X2. Sampel penelitian adalah atlet putra usia Anak-anak PB Jaya Raya
Metland Jakarta,berjumlah 40 orang, terdiri dari 20 siswa memiliki persepsi
kinestetik tinggi, dan 20 siswa dengan persepsi kinestetik rendah. Sampel
diambil dengan acak sederhana, setelah dilakukan tes persepsi kinestetik.
Analisis data yang digunakan adalah analisis varian (ANAVA) dua arah,
dengan Uji Tukey sebagai uji lanjut, pada taraf signifikansi µ 0,05. Uji
persyaratan analisis menunjukkan bahwa: (1) setiap kelompok data pada setiap
sel berdistribusi normal, dan (2) setiap kelompok data memiliki variansi yang
homogen.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
(1) secara keseluruhan terdapat perbedaan latihan ketepatan smes antara
kelompok belajar yang menggunakan metode latihan drill, dengan metode
latihan stroke berpasangan (Fo = 22,139 > Ft =4,089), (2) kelompok belajar yang
memiliki persepsi kinestetik tinggi, dengan metode latihan drill smes bulutangkis,
memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil ketepatan smes buulutangkis,
dibanding dengan metode latihan stroke berpasangan (qo = 14,591 > qt =
2,262), (3) kelompok latihan yang memiliki persepsi kinestetik rendah, dengan
metode latihan drill smes memiliki pengaruh yang tidak berbeda terhadap hasil
ketepatan smes bulutangkis, dibanding dengan metode stroke berpasangan (qo
= 5,181 < qt = 2,262), dan (4) terdapat interaksi antara metode latihan dengan
persepsi kinestetik terhadap hasil latihan smes bulutangkis (Fo = 97,735 > Ft =
4,085)
Bibliografi : lembar 97-101
SS00021955 | SK 21955 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain