Text
Bermain peran anak usia dini (Studi fenomenologi di TK Bhayangkari 29 Kota Jambi)
BERMAIN PERAN ANAK USIA DINI
(Studi Fenomenologi di TK Bhayangkari 29 Kota Jambi)
FATMA ASMI AGUS
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang pembelajaran bermain peran pada anak usia dini, sebuah studi fenomenologi di TK Bhayangkari 29 kota Jambi.
Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan berperan serta dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan kriteria tingkat kredibilitas, kebergantungan dan kepastian. Sedangkan proses analisis data meliputi; mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, memberi kode dan mengkategorikan data yang diperoleh dari sumber seperti catatan lapangan, tanggapan dan dokumentasi.
Penelitian ini menemukan hasil bahwa pembelajaran anak usia dini dengan metode bermain peran dapat membantu mengembangkan kecerdasan jamak dan juga kecerdasan linguistik secara khusus pada anak karena dengan bermain peran, anak melakukan berbagai kegiatan secara fisik maupun non fisik, mendapat berbagai kosa kata, kalimat, dan berdialog/komunikasi serta berlatih menulis secara luas dan kreatif. Oleh karena itu penelitian ini merekomendasikan perlunya pembelajaran dengan metode bermain peran pada anak usia dini guna meningkatkan kecerdasan jamak dan secara khusus kecerdasan linguistiknya, sehingga anak mampu menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahannya.
Kata Kunci; bermain peran, pengembangan, kecerdasan jamak, fenomenologi
Bibliografi : lembar 178-182
DD00002729 | D 2729 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain