Text
Hasil belajar keterampilan round off senam artistik (Studi eksperimen tentang metode mengajar dan motor ability pada mahasiswa Program Studi PJKR STKIP Pasundan)
HASIL BELAJAR KETERAMPILAN ROUND OFF
SENAM ARTISTIK
(Studi Eksperimen Tentang Metode Mengajar dan Kemampuan Motor Ability
Pada Mahasiswa Program Studi PJKR STKIP Pasundan)
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar round off senam
artistik menggunakan metode mengajar keseluruhan dan metode mengajar bagian
dengan motor ability di STKIP Pasundan Cimahi. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode eksperimen dengan desain by level 2x2. Populasinya adalah seluruh
mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi tingkat II Prodi. PJKR Tahun Akademik
2015/2016 dengan jumlah 360 orang dan sampelnya berjumlah 40 orang dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian
menggunakan tes hasil belajar round off senam artistik. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 12 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan hasil
belajar round off senam artistik antara metode mengajar keseluruhan dan metode
mengajar bagian. Kelompok mahasiswa yang diajar melalui metode mengajar
keseluruhan lebih baik daripada kelompok mahasiswa yang diajar melalui metode
mengajar bagian. (2) Terdapat interaksi antara metode mengajar dan motor ability
terhadap hasil belajar round off senam artistik di STKIP Pasundan Cimahi. (3) Hasil
belajar round off senam artistik untuk metode mengajar keseluruhan lebih baik
dibandingkan dengan metode mengajar bagian untuk motor ability tinggi. (4) Hasil
belajar round off senam artistik untuk metode mengajar bagian lebih baik dibandingkan
dengan metode mengajar keseluruhan untuk motor ability rendah.
Kata Kunci: Metode Mengajar, Motor Ability, Round Off
Bibliografi : lembar 126-131
DD00002712 | D 2712 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain