Text
Model permainan face climbing dalam panjat tebing pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jaya
ABSTRAK
A.SIROJUL MUNIR, ”MODEL PERMAINAN FACE CLIMBING DALAM
PANJAT TEBING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BHAYANGKARA
JAYA”. Skripsi : Jakarta, Program Studi Olahraga Rekreasi, Fakultas Ilmu
Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2019
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model permainan face climbing
dalam panjat tebing pada mahasiswa, yaitu di Universitas Negeri Jakarta dan
di Universitas Bhayangkara Jaya. Waktu penelitian terhitung selama 3 bulan
selama Maret 2019 – Mei 2019. Metode penelitian ini menggunakan metode
penelitian ADDIE, dimana penelitian menggunakan 5 tahapan yaitu Analisis,
desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi.
Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model permainan
face climbing dalam panjat tebing untuk mahasiswa yang telah di revisi oleh
ahli permainan dan ahli panjat tebing sebanyak 15 model yang diujicobakan
dalam kelompok kecil sebanyak 15 mahasiswa dan kelompok besar sebanyak
30 mahasiswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model permainan
face climbing dalam panjat tebing ini dapat menjadi media untuk digunakan
dalam proses kegiatan panjat tebing, sehingga dapat memberikan kontribusi
yang baik dalam proses meningkatkan kemampuan teknik dasar panjat tebing
pada mahasiswa, berdasarkan hasil penelitian model bermain panjat tebing
dapat dikembangkan dan dapat diterapkan terhadap mahasiswa Universitas
Bhayangkara Jaya.
Kata Kunci : Panjat Tebing, Model Permainan, Mahasiswa
Bibliografi : lembar 61-63
SS00021915 | SK 21915 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain