Text
Pengaruh pola asuh orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas XI administrasi perkantoran pada SMK Bina Putra Jakarta Selatan
ABSTRAK
Anggriawan Oktobisono, 8105152397, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan
Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan
Kelas XI Administrasi Perkantoran Pada SMK Bina Putra Jakarta Selatan.
Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2018.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh orang
tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI Administrasi
Perkantoran SMK Bina Putra. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan pada bulan
Juli 2019. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Metode yang survey digunakan untuk mendapatkan data primer untuk
variabel X1 (pola asuh orang tua) dan data sekunder variabel X2 (disiplin belajar).
Populasi terjangkau penelitian ini berjumlah ±114 siswa. Berdasarkan tabel Isaac
& Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 94 siswa. Teknik
sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Sampling, yaitu menggunakan
metode acak proporsional. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner
dengan menggunakan skala likert dan skala differensial semantik. Variabel hasil
belajar (Y) dan variabel disiplin belajar (X2) merupakan data sekunder yang
didapatkan dari pihak guru dan sekolah. Sedangkan untuk variabel pola asuh orang
tua (X1) menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner penelitian. Teknik
analisis data menggunakan program SPSS versi 25.0 dimulai dengan mencari uji
persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov
dengan hasil signifikansi hasil belajar sebesar 0,200, pola asuh orang tua sebesar
0,200, dan disiplin belajar sebesar 0,200, lalu menggunakan uji linearitas dengan
nilai signifikansi pada linearity pola asuh orang tua sebesar 0,000, nilai signifikansi
pada linearity disiplin belajar sebesar 0,000, uji asumsi klasik dengan menggunakan
uji heterokedatisitas dalam uji Spearman’ rho dengan nilai Sig. (2-tailed) variabel
pola asuh orang tua 0,830 dan variabel disiplin belajar 0,875. Karena nilai lebih dari
0,05 maka tidak terjadi heterokedastisitas, kemudian menggunakan analisis path
(path analysis), dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Kesimpulan
dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan disiplin belajar berpengaruh
positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI administrasi
perkantoran SMK Bina Putra.
Kata Kunci : Hasil belajar, Pola asuh Orang Tua, Disiplin belajar
Bibliografi : lembar 90-92
SS00022025 | SK 22025 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain