Text
Pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek J.CO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
DONI ASMAN LAHAGU, Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek J.CO pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 5 bulan terhitung sejak Maret sampai dengan Juli 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek J.CO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 118 orang. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dari citra merek terhadap loyalitas merek, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung dari iklan 2,320 > ttabel = 1,980. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari citra merek terhadap loyalitas merek. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepercayaan merek terhadap loyalitas merek, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung dari kepercayaan merek 2,499 > ttabel = 1,980. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Ŷ = 22,489 + 0,195 X₁ + 0,214 X2. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek diperoleh dari hasil koefisien determinasi diketahui nilai R2 sebesar 0,117. Sehingga dari variabel citra merek dan kepercayaan merek untuk menjelaskan loyalitas merek secara simultan yaitu 11,7% sedangkan 88.3% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini.
Kata kunci: Loyalitas Merek, Citra Merek, Kepercayaan Merek.
Bibliografi : lembar 77-79
SS00022043 | SK 22043 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain