Text
Menganalisis loyalitas pelanggan telepon pintar buatan Tiongkok : apakah EWOM, citra merek dan experiential marketing berpengaruh ?
ABSTRAK
Cynthia Ayuningtyas Larasati, 2019; Menganalisis Loyalitas Pelanggan
Telepon Pintar Buatan Tiongkok: Apakah EWOM, Citra Merek, dan
Experiential Marketing Berpengaruh? Skripsi, Jakarta: Program Studi S1
Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Jakarta. Tim Pembimbing Usep Suhud, M.Si., Ph.D & Rahmi S.E., M.S.M.
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif
EWOM terhadap citra merek smartphone buatan Tiongkok 2) Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh positif EWOM terhadap experiential marketing smartphone
buatan Tiongkok 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif citra merek
terhadap loyalitas pelanggan smartphone buatan Tiongkok 4) Untuk mengetahui
apakah ada pengaruh positif experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan
smartphone buatan Tiongkok. Sampel penelitian ini adalah orang yang pernah atau
sedang menggunakan smartphone buatan Tiongkok selama tiga kali
pembelian/pemakaian berturut-turut. Teknik pengambillan sample yang digunakan
adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden.
Penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan secara langsung dan secara
online. Analisis data penelitian ini menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil dari
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa EWOM, citra merek, dan experiential
marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Pada variabel EWOM terhadap citra merek memiliki nilai critical ratio (C.R)
sebesar 6,861. Pada variabel EWOM terhadap experiential marketing memiliki
nilai critical ratio (C.R) sebesar 6,148. Pada variabel citra merek terhadap
loyalitas pelanggan memiliki nilai critical ratio (C.R) sebesar 4,763. Pada variabel
experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan memiliki nilai critical ratio
(C.R) sebesar 3,361. Uji hipotesis menunjukkan bahwa semua critical ratio di atas
2,000, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis dapat
diterima.
Kata Kunci: EWOM, citra merek, experiential marketing, loyalitas pelanggan
Bibliografi : lembar 79-81
SS00022038 | SK 22038 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain