Text
Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada siswa di SMK Pelita Tiga no.1 Jakarta
ABSTRAK
Nurbaiti Isna Ayu Anggraeni, 8105153971, Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa di SMK Pelita Tiga No. 1 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar pada Siswa SMK Pelita Tiga No. 1 Jakarta. Penelitian ini membutuhkan waktu selama tiga bulan, terhitung dari bulan April 2019 sampai dengan Juni 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 120 siswa. Berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 89 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Motivasi Belajar (Y), Reward (X1), dan Punishment (X2) merupakan merupakan data primer yang berbentuk kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas untuk reward 0,200, punishment 0,200, dan motivasi belajar o,200. Hasil uji linearitas 0,000. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance 0,151 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 6,611 < 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk reward sebesar 0,857 dan punishment sebesar 0,941. Ketiga uji regresi linear berganda. Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 604,100>Ftabel3,10, hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung3,038>ttabel1,98827, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Reward danMotivasi Belajar. Kemudian, thitung10,669>ttabel1,98827, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Punishment dan Motivasi Belajar. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi bergandaỶ= 6,051+0,158X1 +0,629X2. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,934, yaitu masing+masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 93,4%, kepada Y dan sisanya 6,6%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Punishment, Reward
Bibliografi : lembar 86-88
SS00022071 | SK 22071 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain