Text
Design research : Penerapan pendidikan matematika realistik Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa pada pokok bahasan lingkaran analitik di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bekasi
DESIGN RESEARCH:
PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA
DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA
PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN ANALITIK
DI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 1 KOTA BEKASI
ABSTRAK
Secara teori maupun praktik, aljabar banyak dijadikan sebagai alat penyelesaian masalah dalam bidang matematika, sains, ekonomi, bisnis, keuangan, dll. Hal ini menjadikan kemampuan berpikir aljabar sebagai salah satu bahasan penting dalam bidang pendidikan matematika. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan di sekolah, kemampuan representasi siswa masih sangat kurang, sehingga berpengaruh kepada kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, terutama jika diberikan permasalahan konstekstual. Pemahaman siswa mengenai pembahasan Lingkaran Analitik juga masih kurang baik, kurangnya pemahaman siswa tersebut terlihat dari adanya jarak antara pemahaman lingkaran dalam bentuk representasi grafik serta lingkaran secara aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori pembelajaran lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar siswa pada pokok bahasan Lingkaran Analitik di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Bekasi dengan menerapkan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, (1) fase persiapan dan desain, (2) fase pelaksanaan, dan (3) fase analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah video-tape, lembar kerja siswa, lembar hasil wawancara, lembar catatan lapangan dan Hipotesis Lintasan Belajar. Aktivitas di kelas menggunakan satu tema utama yang sedang popular di kalangan siswa sekolah menengah yaitu “Ojek Online,” dimana dengan situasi kontekstual tersebut dilaksanakan berbagai aktivitas yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan matematika. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, aktivitas yang dirancang dalam konteks ojek online dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan representasi. Rangkaian aktivitas dalam desain penelitian ini membantu mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa serta memahami konsep persamaan lingkaran. Diskusi kelas juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa dalam pokok bahasan persamaan lingkaran.
Kata Kunci : Design Research, Berpikir Aljabar, Aljabar, Geometri Analitik, Lingkaran, PMRI.
Bibliografi : lembar 160-162
TM00005980 | TM 5980 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain