Text
Pengaruh model guided discovery learning terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa SMPN di Kecamatan Tangerang
PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMPN DI KECAMATAN TANGERANG
DAUD AKBAR
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model guided discovery learning ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar siswa dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditori. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kontrol pre-test dan post-test kemampuan literasi matematis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 4 dan SMPN 16 Kota Tangerang pada semester genap Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 102 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang diberi perlakuan model guided discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis.
Kata kunci: Model Guided Discovery Learning, Kemampuan Lietrasi Masalah, Gaya Belajar.
Bibliografi : lembar 110-116
TM00005977 | TM 5977 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain