Text
Hubungan aktivitas pembelajaran Green lab dengan karakter peduli lingkungan siswa SD sekolah alam Bekasi
ABSTRAK
Septiani Listianingrum. Hubungan Aktivitas Pembelajaran Green Lab dengan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Sekolah Alam Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan aktivitas pembelajaran green lab dengan karakter peduli lingkungan siswa SD Sekolah Alam Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa di SD Alam Bekasi.
Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan diperoleh pada Variabel X Lhitung = 0,1173 < Ltabel = 0,1367. Kemudian pada Variabel Y diperoleh Lhitung = 0,0934 < Ltabel = 0,1367. Dengan demikian hal ini menyatakan bahwa Variabel X dan Variabel Y berdistribusi normal. Kemudian uji linieritas dengan persamaan regresi diperoleh Ŷ = 49,783 + 0,4013X. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis yang dimaksudkan untuk mencari keberartian regresi, sehingga diperoleh Fhitung = 31,85 > Ftabel = 4,08. Hal ini menunjukkan bahwa regresi yang diperoleh adalah berarti. Selanjutnya uji kelinieran regresi diperoleh hasil Fhitung = 1,14 < Ftabel = 2,12. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Peneliti selanjutnya melakukan uji koefisien korelasi product moment dan diperoleh hasil rxy sebesar 0,666. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara aktivitas pembelajaran green lab dengan karakter peduli lingkungan siswa SD Sekolah Alam Bekasi. Untuk koefisien determinasi diperoleh KD sebesar 44,36%.
Kata Kunci: Aktivitas Pembelajaran Green Lab, Karakter Peduli Lingkungan Siswa, Sekolah Alam.
Bibliografi : lembar 68-70
SS00021985 | SK 21985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain