Text
Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) calon guru kimia pada penerapan Lesson Study dalam mata kuliah praktek keterampilan mengajar
ABSTRAK
Muhamad Fazar Nurhadi. Analisis Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK) Calon Guru Kimia pada Penerapan Lesson Study dalam
Mata kuliah Praktek Keterampilan Mengajar. Jakarta: Program Studi Magister
Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran TPACK calon guru kimia
pada penerapan lesson study dalam mata kuliah praktek keterampilan mengajar.
Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta, SMAN 30 Jakarta dan
SMKN 26 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Subjek
penelitian mahasiswa semester 7.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, reflective
journal, kuisioner TPACK dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif dengan tahapan yaitu reduksi data, display data,
kesimpulan dan verifikasi. Quality standard yang digunakan adalah
trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui
prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan
member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK calon guru kimia
pada penerapan lesson study dalam mata kuliah praktek keterampilan mengajar
menunjukkan adanya perkembangan TPACK calon guru kimia dari perception
level menuju conception level.
Kata Kunci: TPACK, Calon Guru Kimia, Lesson Study
Bibliografi : lembar 85-90
TM00005976 | TM 5976 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain