Text
Pengembangan media pembelajaran Vidio Blog (Vlog) materi filum moluska untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA
ABSTRAK
APRINI. Pengembangan Media Pembelajaran Video Blog (Vlog) Materi Filum Moluska untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Pendidikan pada saat ini banyak terpengaruh oleh adanya perkembangan dan penemuan-penemuan dalam ilmu pengetahuan serta teknologi (IPTEK). Pengaruh tersebut tampak jelas dalam perkembangan media pembelajaran video, salah satunya adalah video blog (vlog). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas media pembelajaran video blog (vlog) materi filum Moluska. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 16 Jakarta pada bulan November 2018 sampai April 2019. Sasaran penelitian meliputi ahli materi, ahli media, peserta didik dan guru Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Langkah-langkah penelitian ini yaitu penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, pembuatan produk, uji kelayakan produk dan uji efektivitas produk. Pada penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk melihat peningkatan dan perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran vlog. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu Kolmogorov Smirnov dan Levene serta uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran video blog (vlog) materi filum Moluska mendapat penilaian dengan kriteria sangat layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi filum Moluska.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Vlog, R&D, Moluska, Hasil Belajar
Bibliografi : lembar x-xv
SS00022122 | SK 22122 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain