Text
Pengembangan media interaktif berbasis adobe flash materi sistem respirasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI SISTEM RESPIRASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
LUTHFI RAHAYU NINGSIH
Abstrak
Adobe Flash merupakan aplikasi yang mampu mengolah teks, gambar atupun objek secara tiga dimensi, sehingga konten dapat dikemas lebih menarik. Adobe flash dapat digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif, sehingga diharapkan pembelajaran akan lebih menarik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi Sistem Respirasi dan Mengukur efektifitasnya dalam meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian Pengembangan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan menurut Borg and Gall serta metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design untuk uji efektifitas . Hasil penelitian pengembangan ditunjukkan oleh hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa yang menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Hasil analisis data berupa uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data homogen. Hasil penelitian uji efektifitas menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara kelas yang menggunakan media interaktif berbasis Adobe Flash Materi Sistem Respirasi dengan kelas yang tidak menggunakan media interaktif berbasis Adobe Flash Materi Sistem Respirasi.Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada materi Sistem Respirasi sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas XI SMA, serta Efektif meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Kata Kunci: Adobe Flash, Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi, Sistem Respirasi.
Bibliografi : lembar 75-80
TM00005965 | TM 5965 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain