Text
Pengembangan kemampuan berpikir analitis peserta didik melalui model pembelajaran prepare, do, review pada materi indikator asam basa
ABSTRAK
Bestiana Desti. Pengembangan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Prepare, Do, Review pada Materi Indikator Asam Basa: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Prepare, Do, Review pada materi indikator asam basa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 36 Jakarta pada tahun ajaran 2018/2019 pada 33 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui tes esai, observasi, dan reflektif jurnal. Model pembelajaran Prepare, Do, Review memiliki tiga tahapan, yaitu persiapan, melakukan kegiatan dan peninjauan. Kemampuan berpikir analitis terdiri dari tiga indikator, yaitu membedakan, menghubungkan, dan mengorganisasikan. Indikator kemampuan berpikir analitis yang ingin dicapai disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi yang ada. Hasil penelitian secara keseluruhan secara menunjukkan sebanyak 84,85% peserta didik mencapai level pencapaian baik sekali; sebanyak 15,15% peserta didik mencapai level baik; dan tidak ada peserta didik yang berada pada level kurang serta kurang sekali. Pada tiap indikator kemampuan berpikir analitis pada materi indikator asam basa tidak terdapat peserta didik pada level kurang dan kurang sekali yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik mengalami perkembangan. Prepare, Do, Review menciptakan proses pembelajaran bermakna karena peserta didik memiliki pengalaman pada setiap proses pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis peserta didik.
Kata Kunci: Prepare Do Review, berpikir analitis, indikator asam basa
Bibliografi : lembar 62-65
SS00022119 | SK 22119 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain