Text
Design research : Mengembangkan desain pembelajaran berorientasi matematika realistik untuk membangun pemahaman relasional pada Materi Peluang Kelas VIII di MTsM Sulit Air
DESIGN RESEARCH:
MENGEMBANGKAN DESAIN PEMBELAJARAN
BERORIENTASI MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MEMBANGUN
PEMAHAMAN RELASIONAL PADA MATERI PELUANG
KELAS VIII DI MTSM SULIT AIR
FATHUR RAHMI
Abstrak Beberapa studi tentang pembelajaran matematika menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan memahami konsep peluang. Hal tersebut mendasari peneliti untuk merancang desain pembelajaran berupa teori instruksional lokal untuk materi peluang, dimulai dari tingkat non formal menuju formal. Desain pembelajaran menjelaskan tentang pemikiran siswa dari waktu ke waktu sehubungan dengan serangkaian tugas dan kegiatan yang dikembangkan. Desain pembelajaran dibantu oleh masalah konteks melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan kemampuan pemahaman relasional siswa kelas VIII di MTsM Sulit Air. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase yaitu persiapan dan desain, pelaksanaan dan analisis retrospektif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan perekam video, dokumentasi, dan pertanyaan tes. Instrumen adalah video yang melihat kegiatan siswa selama belajar, foto untuk melihat hasil kerja siswa dan lembar aktivitas untuk melihat jawaban siswa atas pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, konteks yang digunakan dapat membangun kemampuan pemahaman relasional siswa dengan baik. Aktivitas menentukan banyak kejadian dari semua daftar harga pulsa melalui materi perbandingan dapat membantu siswa. Diskusi kelompok dan kelas memberikan kontribusi dalam membangun pemahaman relasional siswa dalam pokok bahasan peluang. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam memahami konsep dengan menggunakan desain pembelajaran yang telah dibuat.
Kata Kunci: pendidikan matematika realistik , design research, pemahaman relasional, peluang.
Bibliografi : lembar 191-195
TM00005943 | TM 5943 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain